14 Desember 2008

PERINGATAN HARI CINTA POHON

Sungguh di luar dugaan, bahwa aksi SEKAR Bagi-bagi Bibit dengan Tema "SATU BIBIT SEJUKKAN BUMI" dalam rangkaian peringatan Hari Cinta Pohon mendapatkan respon yang sangat baik, tidak hanya dari manajemen unit dan ketua umum DPP Sekar tetapi juga dari pihak eksternal seperti : dinas kehutanan, kepolisian, LSM, pecinta alam, pramuka saka wana bakti dan bahkan di Blitar didukung oleh Duta Wisata Kabupaten Blitar.

Di pusat kegiatan tahun ini, yang dipilih DPW dipusatkan di KPH Kediri tidak kalah meriah dengan aksi DPD-DPD di wilayah lain. Nah berikut ini adalah press release yang kita sebarkan kepada para wartawan (JTV, RADAR KEDIRI, RADAR TULUNGAGUNG dll) :

Kediri (12/12)

Berawal dari wujud kepedulian karyawan Perum Perhutani dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan, karyawan Perum Perhutani yang tergabung dalam Serikat Karyawan Perum Perhutani Jawa Timur (SEKAR JATI) pada tanggal 12 Desember 2003 melakukan aksi simpatik berupa pembagian bibit di jalan raya kota Malang. Kegiatan yang diikuti pengurus DPW Sekar Jati, anggota DPD Sekar Jati KPH Malang dan KPH Pasuruan memperoleh respon yang sangat positif dari masyarakat kota Malang. Bahkan berawal dari aksi kecil pembagian bibit di pinggir jalan tersebut, permintaan bantuan untuk melaksanakan penghijauan bersama masyarakat terus berdatangan dari lingkungan perumahan masyarakat, sekolah-sekolah dan perkantoran.

Awal dari kepedulian karyawan inilah menumbuhkan tekad karyawan Perum Perhutani untuk meneruskan aksi-aksi simpatik untuk terus menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan menetapkan tanggal 12 Desember sebagai Hari Cinta Pohon.

Sebagai bagian dari program pemerintah : Indonesia Menanam dan terus memerangi bahaya pemanasan global (global warming), bidang Pengembangan dan Usaha Sekar Perhutani DPW Jatim memandang perlu membudayakan aksi-aksi simpatik karyawan dalam membantu meningkatkan citra positif Perum Perhutani di mata masyarakat dalam rangka memperingati Hari Cinta Pohon tanggal 12 Desember 2008. Untuk tahun ini Sekar Perhutani DPW Jatim akan memperingati Hari Cinta Pohon Tahun 2008 dengan melaksanakan aksi-aksi simpatik dengan tema : “SATU BIBIT SEJUKKAN BUMI”.

Peringatan Hari Cinta Pohon tahun ini dipusatkan di kota Kediri dengan melakukan aksi bagi bibit di tiga titik yaitu Perempatan Doho, Pertigaan Kowak (depan Makodim) dan pertigaan RS. Baptis. Bibit yang dibagikan adalah bibit Jati sejumlah 3.000 plances. Sebelum melakukan aksi bibit, peringatan Hari Cinta Pohon didahului dengan upacara yang diikuti segenap karyawan Perum Perhutani KPH Kediri dan segenap pengurus Sekar DPW Jatim serta perwakilan dari segenap Sekar DPD wilayah Jatim. Dalam upacara yang dipimpin langsung oleh Administratur / KKPH Kediri : Ir. Marinus Ezerman, dilakukan pelepasan 200 balon yang berisi pesan moral untuk menyadarkan masyarakat dalam memerangi global warming dan melestarikan hutan.

Aksi bagi bibit dalam peringatan Hari Cinta Pohon juga akan dilakukan di beberapa kota di Jawa Timur seperti di kota Bojonegoro, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Blitar, Malang, Mojokerto, Jombang, Banyuwangi, Jember dan Bondowoso berjumlah 30.000 bibit terdiri dari jenis bibit jati, mahoni, flamboyan, pete, sengon dan gmelina. Diperkirakan acara peringatan Hari Cinta Pohon akan melibatkan lebih dari 1.500 orang yang terdiri dari ; unsur karyawan Perhutani yang tergabung dalam serikat karyawan, bahkan di beberapa tempat melibatkan unsur lain seperti kepolisian, pramuka saka wana bakti, kelompok pecinta alam dan unsur masyarakat lainnya.

Nah... itu kegiatan DPW. Kami yakin kegiatan anda di DPD lebih meriah dari DPW. Karenanya publikasikan lewat blog ini, agar kita semua tahu. Kami tunggu posting anda (lebih ok bila disertai foto-foto)

Gambar : pinjam dari gambarnya stiker produksi DPD Mojokerto.

1 komentar:

  1. Trm ksh utk segenap DPD-DPD yg dg semangat juang tinggi mendukung program Hari Cinta Pohon ini. Semoga kegiatan yg kita laksanakan membawa keharuman utk nama Perum Perhutani. Wawan T.

    BalasHapus